Oleh: ramdhany | Februari 27, 2008

Belajar Dari Kosovo

Sebuah keberhasilan, terkadang membutuhkan sebuah keberanian.
Mesin fotocopy Xerok, Samsung, Honda adalah beberapa kisah nyata tentang sebuah keberanian. Untuk beralih dan berhijrah, dari ruang gelap pada wilayah yang memiliki pelita. Sekalipun akan ada aral dan perjuangan, pengorbanan dan keteguhan.

Dan saat ini…
Mata dan telinga kita benar-benar melihat arti sebuah keberanian, keteguhan memegang sebuah kemuliaan, ketinggian harga sebuah bangsa. Bumi Kosovo, yang diinjak-injak, diserang, dan nyaris diluluhlantakkan Serbia kini (secara de jure) telah menunjukan keberaniannya, untuk merdeka dan berdaulat, untuk bebas dan mandiri. Dan kini, akan ada banyak aral dan rintangan, akan ada banyak hambatan dan ujian, dari Serbia, Cina, dan Rusia. Bumi Kosovo yang harus menghadapi mereka yang ada hak veto ditangannya, yang harus menghadapi Serbia, yang arogan dan gelap mata.

Kita benar-benar bisa melihat, kekuatan sebuah keberanian. Menghadapi hegemoni Cina dan Rusia, yang perawakannya nyaris berkali-kali lipat lebih besar, melawan Serbia, yang senjatanya berkali-kali lipat lebih lengkap. Dan Kosovo, berdiri tegak melawan semuanya. Inilah sebuah kemuliaan, mempertahankan bangsa dan masyarakat, melindungi wanita dan anak-anak, dari penindasan dan pembantaian, dari kerakusan jiwa yang gelap hatinya, yang seolah tak ada lagi cahaya di dalamnya.

Dan kita masih ingat…
Tentang Gaza, bagian dari bumi para Anbiya, yang terus diserang dan dikepung. Tanpa listrik, tanpa akses, dan air yang semakin sedikit. Ia terus diisolasi dan ditutup, oleh banyak tangan. Lihatlah, berapa banyak rumah sakit yang dihancurkan, flat-flat kubus yang diruntuhkan, dan jembatan-jembatan yang diratakan. Berapa banyak penduduk Gaza yang harus mengungsi, tinggal di tenda-tenda, di atas bumi Gaza yang hanya 360 km2. Dan Gaza, kini masih tegak berdiri, menatap, mengepalkan tangannya, meneguhkan pijakan kakinya. Hidup yang mulia akan jauh lebih baik ketimbang bergelimang bersama Israel la’natullah.

Dan Gaza…
Adalah contoh nyata sebuah keteguhan, sebuah keberanian hidup bersama-sama pemerintahan HAMAS, tanpa Israel, tanpa Inggris, tanpa AS. Meski harus berjuang dan berkorban, berbagai pintu ditutup, dan seolah tiada mata tetangganya yang terbuka.

Dan hari ini
Kita benar-benar bisa melihat….
Sebuah keberanian dan keteguhan hati di bumi Gaza, bumi Kosovo, masyarakat Albania, masyarakat Palestina, untuk bebas dan merdeka, hidup mulia dan menatap masa depan yang lebih baik.

Semoga Allah memberkahi
Wallahu’alambishawab
Bogor, 26 02 08


Responses

  1. Dan hari ini
    Kita benar-benar bisa melihat….

    kita?? siapa yg bisa melihat itu??
    sayang nya gak banyak org yg bisa melihat itu…
    sayang nya dr sekian banyak org yg melihat itu, sedikit sekali yg mau bergerak…
    sayang nya dr sekian sedikit org yg mau bergera.. susah sekali menemukan org yg mau mendengar dan ikut bergerak..

    *gmn yah cara nya biar bisa???*

    ——————————————-

    Lakukan apa yang bisa dilakukan
    Sesuai kemampuan dan kapasitasnya

    Kontribusi apapun yang dilakukan
    Itulah yang pertama yang perlu dilakukan

    Lakukan saja
    Asal jangan berdiam diri


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: