Oleh: ramdhany | Juli 1, 2007

Pilkada Jakarta

 

Selayaknya kader-kader di luar Jakarta tanggap untuk menyumbangkan andilnya mengingat koalisi lawan yang dihadapinya tidaklah remeh. Disamping itu, kemenangan pilkada DKI Jakarta akan mampu menyuntikkan spirit luar biasa bagi pilkada-pilkada di berbagai daerah di seluruh nusantara.

Tanpa harus menunggu ada permintaan bantuan dari mereka, selayaknya kader-kader di luar Jakarta tanggap untuk menyumbangkan andilnya mengingat koalisi lawan yang dihadapinya tidaklah remeh. Disamping itu, nilai strategis kemenangan pilkada DKI Jakarta akan mampu menyuntikkan spirit luar biasa bagi pilkada-pilkada berikutnya di berbagai daerah di seluruh nusantara. Lantas apa yang bisa dan harus dilakukan kader-kader PKS di luar Jakarta untuk membantu memenangkan pilkada

Jakarta adalah kota multi ikatan dengan daerah-daerah lain di sekitarnya, baik itu ikatan darah, ikatan keluarga, ikatan etnik, pertemanan, komunitas hobi, bisnis dan lain-lain. Hal itu tentu dapat dimanfaatkan oleh kader-kader diluar Jakarta untuk memainkan peran dan pengaruhnya melalui bermacam-macam ikatan di atas. Yang memiliki hubungan saudara dan famili, memanfatkan. Kader yang memiliki koneksi dan relasi bisnis atau komunitas-komunitas, memanfaatkan. Kader yang memiliki ikatan emosional etnik, juga harus memanfaatkannya.

Oleh karena itu, langkah praktis berikut ini mudah-mudahan dapat sedikit memandu kader dan simpatisan PKS di daerah satelit jakarta dan sekitarnya untuk turut memenangkan pilkada yang akan digelar 8 Agustus 2007 mendatang.

1. Memanfaatkan hubungan keluarga
Tidak sedikit dari kader yang memiliki saudara atau keluarga besar yang menetap di ibukota Jakarta. Baik saudara kandung maupun saudara kekerabatan. Diantara mereka juga tidak jarang adalah keluarga bukan kader PKS atau minimal simpatisan. Bahkan bisa jadi pada pemilu 2004 yang lalu mereka pun tidak mencoblos PKS di bilik suara.

Langkah untuk mempengaruhi mereka adalah dengan jalan mengunjunginya, bersilaturahim, serta memberikan hadiah. Kunjungan kita tentu bukan semata-mata karena ingin ‘kampanye’, itu hanya efek samping. Yang paling utama adalah menjaga tali silaturrahim antara kita dan mereka, terlebih kita adalah kader-kader dakwah yang sangat memelihara tali silaturrahim.

Selingi pembicaraan kita dengan menyelipkan wacana pilkada Jakarta yang tinggal menghitung hari. Berikan informasi tentang Adang-Dani dan arahkan agar pada benak mereka muncul perasaan mengenal dan ‘respect’ terhadap ‘jagoan’ PKS itu. Langkah selanjutnya kader bisa berkreatifitas seusai perkembangan situasi dan kondisi.

2. Memanfaatkan hubungan etnik
Tidak dipungkiri, hubungan etnik memiliki peranan yang sangat strategis. Terlebih etnik-etnik tertentu yang memiliki ikatan atau paguyuban yang sangat kuat. Karena itu, alangkah baiknya paguyuban atau ikatan etnik yang beberapa daerah satelit berhasil dirangkul PKS, agar ‘disambungkan ke struktur partai di Jakarta untuk difollow-up. Etnik Padang, Batak, Bima, Minang, Madura dan lain-lainnya adalah sendi-sendi kekuatan massa yang strategis disamping etnik betawi.

3. Memanfaatkan hubungan komunitas
Saat ini tumbuh subur komunitas atau klub-klub hobbi di Jakarta yang umumnya beranggotakan masyarakat lintas daerah. Sangat mungkin sekali bahwa diantara kader ada yang memiliki link dan ikatan dengan komunitas-komunitas tersebut. Klub-klub tersebut dapat berupa klub motor, klub olahraga, klub sosial, klub pendidikan, klub wirausaha, klub dunia maya dan lain-lain.

4. Memanfaatkan hubungan pertemanan
Kawan yang dipercaya akan menjadi entry point untuk mempengaruhi orang lain. Insya Allah kita adalah orang-orang yang masuk dalam barisan orang-orang yang bisa dipercaya. Teman main masa kecil, teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, teman ketemu di jalan, bahkan teman-temannya teman kita layak untuk kita hubungi dan coba berinteraksi dengan mereka.

5. Memanfaatkan hubungan bisnis
Bisnis tidak mesti antipati dengan dunia politik. Apalagi fluktuasi peluang bisnis terjadang juga sedikit banyak terpangaruh dengan dunia politik. Manfaatkan forum-forum temu bisnis untuk sedikit menyinggung dan menjajaki sejauh mana interinsting mereka terhadap pilkada Jakarta. Jika sedari awal kita sudah menanamkan benih yang baik pada hubungan bisnis kita dengan orang lain, adalah hal yang tidak mustahil untuk bisa memberikan pengaruh signifikan kepada mereka rekan bisnis kita.

Kunci penting untuk berpartisipasi melalui 5 point di atas adalah kader harus memiliki wawasan yang memadai tentang track record Adang-dani. Untuk itu, agar mengusai pehaman yang lebih baik tentang pasangan yang diusung PKS ini, kader dan simpatisan dapat mengakses situs http://www.adang-dani.com. Dan juga berdoa pada Allah swt dengan keikhlasan sebagai modal penting. Semoga dengan partisipasi ini kita dapat membantu membangun tangga-tangga kemenangan pilkada DKI Jakarta. Amiin, Selamat berjuang.

(Dari pk-sejahtera.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: