Oleh: ramdhany | Januari 11, 2008

Jadwal Puasa Sunnah (kalender Hijriah & Masehi)

Jadwal Puasa Sunnah Yang Dianjurkan Islam (Tahun 2008)

1. Puasa tiap hari Senin dan Kamis.

2. Puasa 3 (tiga) hari setiap bulan – ‘shaumul biidh’ - Yakni pada tanggal 13.14.15 – penanggalan Islam – (saat bulan purnama). Tanggal-tanggal tersebutadalah:
– 22, 23, 24 Januari 2008 / Muharram 1429 H
– 20, 21, 22 Februari 2008 / Shafar 1429 H
– 21, 22, 23 Maret 2008/ Rabi’ul Awwal 1429 H
– 20, 21, 22 April 2008/ Rabi’ul Akhir 1429 H
– 19, 20, 21 Mei 2008/ Jumadil Awwal 1429 H
– 17, 18, 19 Juni 2008/ Jumadil Akhir 1429 H
– 16, 17, 18 Juli 2008/ Rajab 1429 H
– 15, 16, 17 Agustus 2008/ Sya’ban 1429 H
– 13, 14, 15 Oktober 2008/ Syawwal 1429 H
– 11, 12, 13 November 2008/ Dzulqa’idah 1429 H
– 12, 13 Desember 2008/Dzulhijjah 1429H.

*Catatan:
a. 11 Desember 2008 bertepatan dengan hari tasyriq – 13 Dzulhijjah
1429H (Hari tasyriq tidak diperkenankan berpuasa)
b. Puasa Ramadhan 1429 H : 1 September 2008 – 30 September 2008.

3. Puasa 1/3 (sepertiga) bulan – Yakni di bulan Dzulhijjah.
– Antara 11 Desember 2007 – 9 Januari 2008 / Dzulhijjah 1428 H
– Antara 29 November 2008 – 28 Desember 2008/ Dzulhijjah 1429 H
– Puasa tanggal 9 Dzulhijjah/7 Des 08(Arafah) bagi selain orang yang melaksanakan haji.

*Catatan
Tidak diperkenankan berpuasa :
Hari Idul Adha – 10 Dzulhijjah/ 8 Desember 2008
Hari tasyriq – 11, 12, 13 Dzulhijjah/ 9, 10, 11 Desember 2008/Dzulhijjah 1429 H

4. Puasa bulan Muharram – ‘Asyura’ selama 3 (tiga) hari – tanggal 9,10,11Muharram.
Sangat dianjurkan tanggal 9 dan 10 ( Tasu’a dan ‘Asyura )
Yakni : 18, 19, dan 20 Januari 2008/ Muharram 1429 H.

5. Puasa pada sebagian bulan Sya’ban. Antara 3 Agustus – 31 Agustus 2008.
6. Puasa 6 hari pada bulan Syawwal. Antara 2 Oktober – 29 Oktober 2008.
(Tidak diperkenankan puasa pada 1 Syawwal /1 Oktober 2008)
7. Puasa Daud (berpuasa berselang-seling). Berpuasa satu hari lalu berbuka
satu hari.

Ringkasan – Referensi :
Fiqhus Sunnah Sayyid Sabiq
Tamamul Minnah, Muhammad Nashiruddin al-Albani Al-Islam-
Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia Penanggalan
Tahun 2008 – Penerbit Gema Insani.

About these ads

Responses

  1. Makasih banget atas info kalender puasanya. Sangat bermanfaat banget buat saya…

  2. Afwan (sama-sama)…
    Mudah2an ibadah nafilahnya bisa lebih baik tahun ini. Amien….

  3. Jadwal Saum Sunah 1429H

  4. Terima kasih

    ————————-
    Sama-sama…
    Mudah-mudahan hari-hari kita bisa jd lebih baik
    Insya Allah

  5. Seneng rasanye masih ada orang baek kayak antum2 pade insyaalllah kita semua bisa ngikutin n pade saling ngedoain, namenye juga ikhwah… ya nggak?

  6. Syukron jazakallah, jadi buat panduan ane n kelompok ane.
    btw nt ada software kalender hijriah g?

  7. terima kasih…
    thank you…
    hatur nuhun…
    matur nuwun…
    semoga insya allah bermanfaat dan tambah bermanfaat

  8. Mohon dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya…
    sampe anak cucu saya ya..
    agar terjaga ibadah anak cucu kita
    dan terwujud generasi yang islami
    aamiin..

  9. Mudah2an biarpun sedikit jd manfaat
    Mohon doanya, semoga tetap istiqamah

  10. slamat infonya sanagat membantu sekali dan saya minta jadwal untuk puasa thn ini yg lengkap dari mulai sahur sampai buka bisa nngak

    ————————————————————————————————————————-

    Mohon doanya, mudah2an ke depannya jadwalnya bs lebih lengkap. Mungkin bisa tp harus diricek (tabayun) dulu biar validasinya baik. Jg selamat menyambut Ramadhan yg tinggal beberapa bulan lg.

  11. Kok belum ada jadwal puasa 2008

  12. TANTANGAN HUKUM DI INDONESIA
    DARI PENYIMPANGAN MENUJU PERBAIKAN
    OH… BETAPA SULITNYA ?!

    Oleh : Drs. Basa Alim Tualeka, MSi
    (Praktisi & Pemerhati Pendidikan)

    Sebagai Pemerhati dan Praktisi PENDIDIKAN, sebuah tantangan besar membuka mata hati saya untuk terus berpikir : “Kenapa dan kenapa sulit membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kami cintai ini agar TAAT Hukum dan terlepas dari jerat manusia-manusia rakus dan serakah yang hanya ingin berjuang menghalalkan berbagai cara untuk melakukan pembohongan dan memberikan pembodohan kepada masyarakat pendidikan yang kondisinya masih terpuruk hingga saat ini.

    Sebagai pemerhati, praktisi dan usahawan, jiwa sebagai pemerhati dan praktisi di bidang pendidikan tidak mungkin hilang dalam diri saya. Berbeda dengan jiwa usahawan yang hari ini ada, besok bisa tiada. Itu sebabnya, memperhatikan kondisi pendidikan saat ini, saya sungguh tergelitik untuk berani menyampaikan informasi diberbagai pertemuan yang bersifat formal ataupun kepada masyarakat umum serta pihak eksekutif, legislatif dan yudikatif. Hal itu saya lakukan karena begitu banyaknya penyimpangan tentang pelaksanaan BOS, BOS BUKU, DAK Pendidikan yang terjadi sejak tahun 2005, 2006, 2007 hingga sekarang. (Data dari masyarakat, LSM, Surat Kabar, Pengawas, dan Yudikatif ada pada saya).

    Adanya persepsi yang dimunculkan oleh seseorang melalui email dan dieksploitasi oleh pers dan LSM yang saya anggap ceroboh tanpa melakukan cek dan recek dan sebagian bersifat fitnah, bohong tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tentang keterlibatan saya waktu menyampaikan KIAT – KIAT MELAKSANAKAN DAK 2008 BIDANG PENDIDIKAN SESUAI JUKNIS DAN PENJABARANNYA yang dilaksanakan setelah selesai acara penerangan hukum oleh pihak KEJATI Jawa Timur dan Depdiknas, saya menduga bahwa pengirim berita tersebut dimuati oleh perilaku sebagian orang/pengusaha yang ingin tetap mendukung terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan DAK tahun 2006 dan 2007 dapat terlaksana lagi di tahun 2008. Ini merupakan suatu Tantangan bagi saya selaku pemerhati, praktisi, usahawan dan pihak Penegak Hukum khususnya.

    Sebagai Pemerhati dan Praktisi Pendidikan, saya ingin memberikan informasi agar masyarakat dapat mengetahui lebih jelas dan teliti tentang apa yang terdapat di dalam Juknis DAK 2008 berbeda dengan Juknis DAK tahun-tahun sebelumnya, dimana peranan Bupati & Walikota untuk melakukan verifikasi terhadap barang/buku/sarana multimedia harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pembelian oleh pihak sekolah dilakukan. Hal ini sesuai dengan apa yang terdapat dalam Juknis DAK Pendidikan tahun 2008. Itu sebabnya, informasi yang saya lakukan adalah untuk membantu masyarakat sekolah penerima bantuan DAK 2008 dapat lebih hati-hati. Karena jika kurang memahami isi Juknis DAK tersebut, pembeli bisa terjerat hukum karena membeli barang yang down speck dan tidak sesuai spesifikasi yang ditentukan.

    Adapun Kiat-Kiat yang saya buat dan sampaikan serta lampirkan dalam acara berbentuk kajian saya tersebut, tidak saya paksakan untuk diikuti walau pada akhirnya bisa membuat kecut para pelaku penyimpangan sehingga memunculkan pemberitaan yang bersifat counter terhadap Kiat-kiat saya tersebut dan menurut dugaan saya, bukan tidak mustahil hal itu didukung oleh pihak-pihak tertentu untuk tujuan pembohongan dan pembodohan kepada para stake holder (sekolah penerima bantuan). Bagi saya, ini suatu tantangan dan akan saya hadapi tantangan dari kelompok/konsorsium pembohong yang rela memasukkan kepala sekolah dan pejabat Diknas ke dalam penjara.

    Dari penjelasan saya diatas, mohon kepada pihak-pihak terkait untuk hati-hati terhadap banyaknya musang berbulu domba atau pencuri bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu. Terima kasih.

    Drs. Basa Ailm Tualeka, MSi
    Kandidat Doktor UNTAG Surabaya

  13. Marhabban ya Ramadhan…

    Semoga diBulan suci tahun ini Lebih BAIK dari taun kemarin.

    Terima Kasih…

    NB: Cariin Jadwal Imsakiyahnya dong?

  14. kalo puasa daud bagaimana tuh apa boleh


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: